Sukses Usaha Dengan Gorengan


Usaha Gorengan
Usaha Gorengan

Usaha Gorengan - Gorengan adalah nama untuk beberapa jenis makanan selingan atau cemilan, macam-macam gorengan diantaranya : Bakwan, pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, molen, cireng, Siongkong goreng, dan lain - lain . Pada umumnya gorengan dijual di pagi hari sampai  sore hari, biasanya di sajikan dengan cabe rawit segar atau sambal pedas. Enak di makan bersama keluarga sambil  nyantai nonton televisi.


Usaha gorengan ini sangat prospektif  semua orang menyukai gorengan, bahan bahan sangat mudah di dapat, modal yang diperlukan juga tidak begitu besar. Selain itu Keuntungan relatif besar tinggal jualannya sedikit atau banyak , semakin banyak kita jual semakin besar pula keuntungan kita.

Kunci sukses dalam usaha gorengan ini adalah membuat gorengan kita harus memperhatikan kwalitas minyak goreng, jangan sampai minyak dipakai berulang - ulang hingga berwarma hitam, dengan minyak yang berwarna hitam tidak baik untuk kesahatan juga warna yang kita goreng berwarna jelek, konsumen kurang tertarik untuk membeli .

Selain memiliki keuntungan usaha Gorengan juga memiliki resiko antara lain :
  • komposisi yang digunakan harus tepat agar gorengan yang di hasilkan rasanya enak
  • Persaingan makin banyak bermunculan, kita mau tidak mau harus lebih murah dan lebih baik dengan orang lain.

Tips sukses usaha gorengan :
  • Berinovasi menciptakan gorengan yang berbentuk unik dan menarik, itu adalah salah satunya daya tarik tesendiri bagi calon pembeli .
  • Memperhatikan minyak goreng dengan cara tidak menggunakan minyak goreng yang ber ulang - ulang, kalau sudah berwarna hitam harus kita ganti dengan yang baru . Minyak goreng yang sudah hitam akan menghasilkan gorengan yang kotor dan warna yang jelek , konsumen akan kurang tertarik untuk membelimya .
  • Menjaga kebersihan tempat dan makan perlu di jaga untuk kenyamanan pembeli, makanan yang sudah di goreng di tutupi kertas atau plastik , etalase di buat bersih dab tertutup agar tidak di hinggapi lalat dan serangga lainnya.

Kiat usaha Gorengan Keuntungan Melimpah :
  • Dalam memulai usaha gorengan diperlukan peralatan diantaranya : 
    • Berjualan menetap : Membuat warung / tenda, Kompor gas, Wajan dan perlengkapan penggorengan, Baskom, Etalase, Capitan dan lain – lain/.
    • Berjualan keliling : Gerobak atau dengan cara di pikul, satu sisi untuk tempat bahan baku dan sisi lainnya untuk menggoreng, Wajan dan perlengkapan penggorengan lainnya, Baskom 3 sampai 4 buah, Capitan, sendok, dan lain - lain .
  • Selanjutnya siapkan bahan-bahan yang digunakan misal untuk membuat pisang goreng yang dibutuhkan adalah bahan baku pisang.
  • Menentukan tempat usaha gorengan ada 2 pilihan yaitu menetap dan berkeliling menggunakan  gerobak atau dengan di pikul. Jika Berjualan menetap kita harus sewa tempat dan perlu memilih tempat yang paling strategis dan tidak mengganggu ketertiban umum, Tempat penyimpanan tidak tebatas sesuai dengan luas kita jualan. Jika Berjualan keliling kita harus pandai menentukan tempat yang ramai agar dagangan laku. Misal di sekolah, tempat nongkrong.
  • Karyawan yang dibutuhkan untuk usaha gorengan tergantung dari tempat usaha yang akan kita lakukan jika dalam berdagang menetap  kita membutuhkan karyawan lain untuk membantu melayani pembeli, namun kalau jualan keliling dapat kita lakukan     sendiri tanpa bantuan orang lain.
  • Menentukan harga jual dengan mensurvei tempat sekitar kita berjualan agar kita dapat bersaing dengan pedagang lain
  • Agar produk yang dijual diketahui masyarakat perlu dilakukan promosi seperti membuat daftar menu yang unik dan jelas agar pembeli dapat melihat dan memperkirakan dengan uang yang dia punya, menyebarkan brosur yang isinya adalah : kita dapat menerima pesanan dan diskon harga bagi pembelian dalam jumlah yang banyak.
Asumsi usaha gorengan dengan gerobak :
  • Periode masa pakai gerobak  4 sampai 5 tahun
  • Periode masa pakai penggorengan 4 tahun
  • Periode masa pakai Peralatan memasak  2 tahun
  • Periode masa pakai perlengkapan lainnya 2 tahun
  • Biaya promosi relatif kecil

Resep aneka macam Gorengan


Bahan yang dibutuhkan
:
Bakwan goreng :
Kol , tauge / kecambah dan wortel
Tepung terigu
Bumbunya adalah : Bawang merah, bawang putih, garam dapur, merica dan penyedap rasa secukupnya
Tahu goreng dengan isi , ( orang jawa menyebut tahu susur ) :
Tahu
Kol, wortel dan tauge / kecambah
Tepung terigu .
Bumbunya : Bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam dan penyedap rasa secukupnya
Pisang goreng :
Pisang raja , pisang Kepoh / pisang sobo .
Gula
Garam
Tepung terigu
Tempe goreng :
Tempe
Tepung terigu
Bumbunya : Bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan penyedap rasa  secukupnya
Singkong goreng :
Singkong
Bumbunya : bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan penyedap rasa secukupnya
Cara membuat Gorengan :
  • Bakwan : Campur semua bahan dengan air, aduk hingga tercampur semua kemudian ambil 2 atau 3 sendok makan adonan dan goreng hingga matang.
  • Tahu goreng isi : Kol, wortel, tauge atau kecambah bersama bumbu ditumis terlebih dahulu kemudian masukan kedalam tahu yang sudah di goreng, oleskan terigu encer  lalu goreng hingga matang.
  • Pisang goreng : Campur tepung terigu, gula, vanili, dan air aduk hingga rata, Adonan di buat encer, masukan pisang yang sudah di kupas kedalam adonan goreng hingga berwarna kecoklatan.
  • Tempe goreng : Bumbu dihaluskan semua campur dengan tepung terigu beri air aduk hingga encer tambah larutan kapur sirih agar terasa renyah , masukan tempe yang sudah di iris lalu goreng hingga marang.
  • Singkong goreng : Bumbu di haluskan semua masukan singkong yang sudah di kupas goreng hingga berwarna kecoklatan.
Demikian artikel tentang Sukses Usaha Gorengan Modal Kecil Untung Besar. Semoga Bermanfaat bagi anda yang ingin memulai berwirausaha. Salam Sukses untuk kita semua yang mau berusaha. Ide usaha lainnya : Peluang Usaha Ayam Bakar
Share on Google Plus

About Unknown

Hari ini anda melakukan apa yang tidak dilakukan orang lain. Maka besok anda akan dapat melakukan hal yang tidak dapat dilakukan orang lain.

0 comments:

Post a Comment